Tuesday, November 27, 2012

Subscript dan Superscript pada HTML

14 comments
Assalamu'alaikum.
Alahmadulillah pagi ini saya dapat posting kembali setelah kemarin posting mengenai Perkenalan dengan HTML5, sekarang saya kan bercerita mengenai Subscript dan Superscript pada HTML, saya yakin teman teman telah mengenal dengan namanya yang telah saya sebutknan tadi buka?

Apa sih perbedaan nya Subscript dan Superscript ?, akan saya jelaskan sedikit mengenai hal ini (Walaupun sudah pada tau kan? :)
Apa sih Subscript?, Subscriptadalah teks yang berukuran kecil dibawah standar dan tampil dibawah setengah dari teks nornal. Contohnya saat kita SMA sering mendengar rumus kimia Okrigen adalah O2 , CO2 adalah rumus kimia Karbondioksida dan lainnya... nah angka 2 itu yang dimaksud Subscript.
Sedangkan Superscrip kebalikan dari itu yaitu tek yang ditampilkan teks yang mengambah pada bagian atas dari teks normalnya, Seperti saat pelajaran matematika  22 x 23 = ?... (cuukup sekian penjelasannya).

Nah untuk Subscript tag html nya adalah :
<sub> ......... </sub>
untuk Superscript adalah :
<sup> ......... </sup>
Sebagai contoh :
Coba ketikan kode dibawah ini pada notepad anda.
<! DOCTYPE HTML>
<html>
<head>
<title> Belajar Subscript dan Superscript </title>
</head>
<body>
Oksigen : O <sub>2</sub> <br/>
Karbondioksida : CO <sub>2</sub> <br/>
<br/>
2<sup>2</sup> + 2<sup>3</sup> = ?
</body>
</html>
Simpan dengan nama subsup.html (misalkan).
Sekian dulu semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum...
If You Enjoyed This, Take 5 Seconds To Share It

14 comments:

  1. Udah lama ngeblog, tapi baru sekarang tau fungsi sub dan sup.
    Thanks infonya ya, sob.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, makasih, Brur... Saya sudah lama bingung nih, mencari-cari cara nulis huruf yang bisa di atas dan di bawah, utamanya untuk menuliskan code-code kimia dan matematika. Sungguh ini sangat bermanfaat bagi saya. Makasih ya.. saya langsung kasih "like" tuh q^_^p ..
    God bless you, Brur..

    ReplyDelete
  3. wah, ada banyak juga ya macam script HTML, keren lab bang, hehehe

    ReplyDelete
  4. @Gudang Download By Liong
    Terimakasih telah berkunjung kang.

    rajin-rajin mampir yah,, :D

    ReplyDelete
  5. Subscript dan superscript.. hmm baru tau saya istilah ini sobat.. dan sepertinya menarik untuk di coba nih..

    ReplyDelete
  6. oh buat nulis pangkat ya? baru tau ane kalo bisa gitu..:D

    ReplyDelete
  7. Jadi nambah pengatahuan nih sob.


    #Visit Back

    ReplyDelete